Hubungi Kami

INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL
Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Phone: +62 361 - 426699
Fax: +62 361 - 426700
Email: info@jam.ipb-intl.ac.id

* Maaf tidak menyediakan form email karena alasan keamanan spam

Pelatihan Layanan Prima Untuk Kelompok Pedagang Muda

Authors

  • I Made Trisna Semara Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Gusti Ayu Eka Suwintari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Gusti Ketut Purnaya Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Putu David Adi Saputra Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/jam.v3i2.54

Keywords:

Services, food and beverage processing, Pelayanan prima, pengolahan makanan dan minuman, Kelompok Pedagang

Abstract

Pengabdian ini untuk membantu kelompok truna truni pedagang di pasar Sidakarya Denpasar dalam mengatasi 1) Keluahan tamu berkaitan dengan faktor fisik yaitu ruangan yang kurang mendapat pertukaran udara yang lancar, suhu panas atau lembab, pencahayaan yang buruk, dan lantai tidak mudah dibersihkan bahkan licin, 2) Keluahan tamu berkaitan dengan SDM/ anggota kelompok belum memiliki pengetahuan standar dalam penyediaan makanan dan minuman, 3) Belum adanya standar keamanan, kebersihan dan keselamatan dalam bekerja pada kelompok pedagang di pasar Kereneng, 4) Kualitas pelayanan tamu masih rendah. Berkaitan dengan masalah tersebut kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan memberikan bantuan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan standar penyajian makan dan minum serta mendesain tempat pedagang yang ramah lingkungan dan estetika. Metode yang digunakan adalah dengan metode survey, metode partisipatory rural apprasial (PRA), pemberian Pelatihan, Pendampingan, dan Monitoring. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kelompok truna truni pedagang di Pasar Sidakarya.

 

This service aims to help the teruna teruni group of traders at the Sidakarya market in Denpasar in overcoming 1) Guest complaints related to physical factors, namely rooms that do not have a smooth air exchange, hot or humid temperatures, poor lighting, and floors that are not easy to clean or even slippery, 2) Guest complaints relate to human resources/group members not having standard knowledge in providing food and drinks, 3) There are no security, cleanliness and safety standards in working in the group of traders at Sidakarya market, 4) The quality of guest service is still low. In connection with this problem, this community service activity provides a solution to resolve this problem by providing knowledge and skills assistance to training participants in serving food and drink as well as designing environmentally friendly and aesthetically pleasing merchant premises. The methods used are surveys, participatory rural appraisal (PRA), as well as providing training, mentoring, and monitoring. The aim is to improve the quality of service for the first-line group of traders at the Sidakarya Market.

References

Amalina, A., Muhammad, F. A., Widiyatmoko, E., & Pratiwi, Y. S. (2021). Survei Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan Toko Roti Ciliwung Jember. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(8), 742–750. https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i8.171

Andi, W. M., Lestari, D., Semara, I. M. T., Parwati, K. S. M., & Wijaya, N. S. (2022). Meningkatkan kompetensi pengelola bumdes pada manajemen bisnis dan manajemen keuangan bumdes “panca artha mandiri” pemerintah desa dangin puri kauh denpasar bali. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/jam.v2i1.24

Arcana, K. T. P., Pranatayana, I. B. G., Suprapto, N. A., Sutiarso, M. A., Semara, I. M. T., Candrawati, N. L. P. A., & Suri, M. (2021). Tata Kelola Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal di Desa Tihingan Kabupaten Klungklung. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 36–45. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/jam.v1i1.5

Firdani, F., Chotimah, D. K., Putri, D. A., Kusuma, I. S., Mantovani, M. F., & Azzahra, P. A. (2023). Edukasi Penerapan Higiene dan Sanitasi pada Pelaku Usaha Makanan. Warta Pengabdian Andalas, 30(3), 413–422. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jwa.30.3.413-422.2023

Hadi, B. R. I., Asih, A. Y. P., & Syafiuddin, A. (2021). Penerapan Hygiene Sanitasi Makanan pada Pedagang Kaki Lima. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(6), 451–462. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/mkmi.20.6.451-462

Morestavia, S., & Sulistyorini, L. (2014). Keluhan kesehatan Konsumen Dan Higiene Sanitasi Makanan Penyetan Pedagang Kaki Lima di Jalan Arif Rachman Hakim Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 7(2), 83–89. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/filerPDF/kesling5059ce3184full.pdf

Rahmawati, D., Handayani, R. D., & Fauzzia, W. (2018). Hygiene dan Sanitasi Lingkungan di Obyek Wisata Kampung Tulip. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.3127

Ruchendi, H. (2019). Penanganan Pedagang Kaki Lima Di Pusat Kota Subang. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 15–22. Retrieved from http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/704/596

Sianipar, R., Juliana, J., Maleachi, S., & Sitorus, N. B. (2023). Pelatihan Hygiene Dan Sanitasi Bagi Pelaku Usaha Kuliner Di Desa Wisata Huta Siallagan Samosir. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4904–4913. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16081

Suryani, D., & Astuti, F. D. (2019). Higiene dan Sanitasi pada Pedagang Angkringan di Kawasan Malioboro Yogyakarta. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 15(1), 70–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/jkk.15.1.70-81

Yuliastri, Y., & Yulianto, A. (2013). Peranan Hygiene Dan Sanitasi Untuk Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Tamu Di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2).

Downloads

Published

2023-08-30