Hubungi Kami

INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL
Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Phone: +62 361 - 426699
Fax: +62 361 - 426700
Email: info@jam.ipb-intl.ac.id

* Maaf tidak menyediakan form email karena alasan keamanan spam

Upaya Meningkatkan Soft Skill SDM Pada Panti Asuhan Salam Kecamatan Tabanan

Authors

  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Indah Mentari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Arik Permana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Tiara Carina Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.22334/jam.v3i2.51

Keywords:

Soft Skill, Literasi, Numerasi, Canva

Abstract

Literasi dan numerasi merupakan sarana bagi anak-anak dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan di bangku sekolah dalam kehidupan nyata, baik di dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Selain literasi dan numerasi, pemahaman mengenai penggunaan teknologi informasi dikalangan pelajar Indonesia belum merata, dalam konteks pengabdian ini terfokus pada pelajar di panti asuhan. Adapun solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Panti Asuhan Salam adalah dengan peningkatan minat baca literasi dan numerik anak yang dapat dilakukan dengan memberikan pembelajaran secara manual serta memberikan pengajaran tentang perilaku dan sikap. Selain itu diberikan pula pembelajaran menggunakan teknologi komputer yaitu media pembelajaran Canva untuk mengoptimalkan kreativitas anak dan meningkatkan mutu soft skill SDM Pada Panti Asuhan Salam Kecamatan Tabanan.

 

Literacy and numeracy are tools for children to recognize, understand, and apply the knowledge they get at school in real life, both within the school environment and outside of school. In addition to literacy and numeracy, understanding the use of information technology among Indonesian students is not evenly distributed, in the context of the focus of this community service is students in orphanages. The solution given to overcome the problems faced by the Salam Orphanage is to increase children's reading interest in literacy and numeracy which can be done by providing manual learning and providing teaching about behavior and attitudes. In addition, learning using computer technology is also provided, namely Canva learning media to optimize children's creativity and improve the quality of HR soft skills at the Salam Orphanage, Tabanan District.

Author Biographies

Ni Made Dwi Puspitawati, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ni Putu Yeni Astiti, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ni Made Indah Mentari, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

I Dewa Made Arik Permana Putra , Universitas Mahasaraswati Denpasar

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Tiara Carina , Universitas Mahasaraswati Denpasar

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Baedhowi. 2008. Tantangan dan Strategi Peningkatan Kemampuan Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa dalam Menghadapi Era Bebas 2010. Makalah Seminar: Universitas Sebelas Maret

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8(I), 31-43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., Halimah, L. L. 2022. Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang, Tulungagung. D'Edukasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 38-49. https://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Jelantik, A. . K. 2019. Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0. In Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0 (pp. 95-96). Deepublish.

Lestari, P. W., Izzah, H. N., and Yudyaningtyas, M. K. (2020). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membaca di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 106-111. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4300

Pelangi, Garris. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020.

Rachman, Bagus Ali., Firdaus, Firyalita Sarah., Mufidah, Nurul Lailatul., Sadiyah, Halimatus., Sari, Ifit Novita. 2021. Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6),1535-1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Downloads

Published

2023-08-30