Hubungi Kami

INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL
Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Phone: +62 361 - 426699
Fax: +62 361 - 426700
Email: info@jam.ipb-intl.ac.id

* Maaf tidak menyediakan form email karena alasan keamanan spam

Peningkatan Kompetensi Dosen Vokasi Perhotelan dalam Meningkatkan Kurikulum Melalui Program Pemagangan di Industri Perhotelan

Authors

  • Maidar Simanihuruk Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
  • Braja Eka Sukma Institut Pariwisata Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.22334/jam.v3i2.47

Keywords:

Kompetensi Dosen, Vokasi Perhotelan, Kurikulum, Program Pemagangan, Industri Perhotelan

Abstract

Akibat dari kebijakan merdeka belajar, maka kebutuhan sumber daya manusia perguruan tinggi semakin meningkat karena harus lebih inovatif dalam mengembangkan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri serta mampu menjalin jaringan yang lebih luas dengan dunia usaha dan industri serta organisasi lainnya. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa beberapa kualitas dosen masih terpaku pada teori-teori sesuai peminatan dengan konsep lama yang belum disesuaikan dengan perkembangan teknologi, sehingga mahasiswa tidak siap bekerja pada bidang tertentu pada saat melaksanakan praktek lapangan karena apa yang diajarkan sangat berbeda dengan apa yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang sungguh-sungguh, salah satunya adalah dibuatnya program yang menghubungkan langsung dosen dengan dunia industri, sehingga mereka dapat langsung mengetahui perubahan di lapangan saat ini. Penelitian pengabdian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran dengan metode observasi, wawancara, self-directed learning dan metode problem-based learning/inquiry. Berdasarkan hasil magang dapat disimpulkan pelaksanaan program magang dosen di industri perhotelan dapat memberikan peluang pengayaan ilmu sekaligus sebagai masukan untuk penyempurnaan bahan ajar mata kuliah yang diampu oleh dosen peserta magang industri yang dilengkapi dengan contoh aplikasi kuliah di industri.

 

The independent learning policy has increased the demand for human resources in higher education because these professionals must be more creative when creating curricula that are more in line with the needs of business and industry and are able to establish a wider network with these sectors and other organizations. However, the reality is that some lecturers are still fixated on theories that suit their interests and use antiquated concepts that haven't been updated for technological advancements. As a result, students aren't prepared to work in specific fields when engaging in field practice because what is taught differs greatly from what is occurring there. As a result, significant efforts are required, one of which is the development of a program that connects lecturers directly with the industrial world, allowing them to learn about changes in the current field as soon as they occur. This community service research employs qualitative research methods such as observation, interviews, self-directed learning, and problem-based learning/inquiry methods, as well as a learning approach. Based on the internship results, it is possible to conclude that implementing the lecturer internship program in the hospitality industry can provide opportunities for knowledge enrichment as well as input for improving teaching materials for courses taught by lecturers participating in industrial internships that are equipped with examples of lecture applications in the industry.

Author Biographies

Maidar Simanihuruk , Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

D4 Perhotelan

Braja Eka Sukma, Institut Pariwisata Trisakti

D4 Pengelolaan Perhotelan

References

Adi, P. P., Putri, R. L., & Lestari, R. (2022). Pengabdian Dosen di PT. Alfan Mechatronics Innovation pada materi PLC dan Penerapan di Masyarakat. Jurnal Pengabdiaan Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(1), 26-39. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.269

Ashari, N. W., & Salwah. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 24-31.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Magang Dosen Ke Industri. Jakarta.

Idris. (2020). Kajian Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru dan Dosen di Indonesia. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 41-52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.57

Jayanthi, N. P., Asih, A. S., & Sari, N. P. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Tijili Benoa. Journal Research of Management (JARMA), 4(2), 197-205.

Jumadin. (2023). Kualitas Pembelajaran dan Kesiapan Kerja Lulusan Pendidikan Vokasi. Makasar: Rizmedia Pustaka Indonesia.

Kirk, J., & Miller, M. L. (1986). Reliability and Validity in Qualitative Research. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781412985659

Knowles, M. S. (1975). Self-Directed Learning: A Guide for Learners and Teachers. New York: Association Press.

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.9. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pariwisata (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D). Bandung: Alfabeta, Cv.

Downloads

Published

2023-08-30

Most read articles by the same author(s)