Hubungi Kami

INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL
Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Phone: +62 361 - 426699
Fax: +62 361 - 426700
Email: info@jam.ipb-intl.ac.id

* Maaf tidak menyediakan form email karena alasan keamanan spam

PBM di SMP Negeri 1 Marga dan SMP Negeri 2 Marga

Authors

  • Ni Nyoman Parmithi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Made Wery Dartiningsih Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Sunita Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22334/jam.v3i2.46

Keywords:

pembelajaran online, LMS, HOTS, pembelajaran online

Abstract

SMP N 1 Marga dan SMP N 2 Marga berlokasi di Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. Kedua sekolah tersebut memiliki karaketeristik yang hampir sama dilihat dari SDM guru, input siswa, sarana dan prasaran yang tersedia, termasuk fasilitas internet. Semenjak pandemi Covid-19 menyerang, guru dituntut untuk merubah pola pembelajaran dari belajar tatap muka menuju pembelajaran online, baik dari perencaan, pelaksanaan, maupun evaluasinya. Permasalahan ketiga sekolah mitra tersebut adalah: (1) rendahnya penguasaan IT guru dalam pembelajaran online, (2) rendahnya pemahaman dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis canva, dan (3) rendahnya kualitas soal ujian buatan guru termasuk proyek P5. Selain ketidak mampuan guru melaksanakan ulangan atau tes secara online menggunakan berbagai platform yang ada, kualitas soal yang dibuat guru juga masih rendah. Tujuan dilaksanakan kegiatan PBM ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra, melaksanakan pembelajaran online, evaluasi online, dan menyusun soal ujian yang bermutu. Solusi yang ditawarkan adalah melakukan penguatan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dalam bentuk kegiatan workshop serta praktik terbimbing: (1) workshop 1 dan praktik terbimbing 1 penguasaan IT guru dalam pembelajaran dan tes online, (2) workshop 2 dan praktik terbimbing 2 dalam melaksanakan pembelajaran dan tes online, (3) workshop 3 dan praktik terbimbing 3 tentang prosedur penyusunan soal-soal ujian berbasis HOTS. Luaran berupa: (1) meningkatnya kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan tes online (70%), (2) meningkatnya kemampuan dan keterampilan dalam menyusun RPP online (75%), (3) peningkatan kemampuan guru untuk menyusun soal ujian berbasis HOTS (100%), (5) publikasi di media online, (6) video di Cenel You Tube, dan (7) adanya artikel ilmiah.

 

SMP N 1 Marga and SMP N 2 Marga are located in Tabanan Regency, Bali Province. The two schools have almost the same characteristics in terms of teacher, student input, available facilities and infrastructure, including internet facilities. Since the Covid-19 pandemic struck, teachers have been required to change learning patterns from face-to-face learning to online learning, both in terms of planning, implementation and evaluation. The problems of the three partner schools are: (1) low teacher IT mastery in online learning, (2) low teacher understanding and ability in creating Canva-based learning media, and (3) low quality of teacher-made exam questions including the P5 project. Apart from the inability of teachers to carry out online tests using various existing platforms, the quality of questions created by teachers is also still low. The aim of carrying out this teaching and learning training activity is to overcome problems faced by partners, carry out online learning, online evaluation, and prepare quality exam questions. The solution offered is to strengthen teachers' pedagogical competence and professional competence in the form of workshop activities and guided practice: (1) workshop 1 and guided practice 1 are teacher IT mastery in online learning and tests, (2) workshop 2 and guided practice 2 are implementing learning and online tests, (3) workshop 3 and guided practice 3 are procedures for preparing HOTS-based exam questions. Outcomes include: (1) increased ability and skills of teachers in carrying out online learning and tests (70%), (2) increased ability and skills in compiling online lesson plans (75%), (3) increased ability of teachers to compose HOTS-based exam questions (100%), (5) publications in online media, (6) videos on Cenel You Tube, and (7) scientific articles.

References

Irawan, H. (2020). Inovasi pendidikan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 (Educational innovations anticipating the spread of [Covid-19]). In Ombudsman RI. Ombusman RI.

Mendikbud. 2020. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta, 24 Maret 2020. https://doi.org/10.33474/yur.v4i2.11239

Mendikbud, Surat Edaran No. 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta, 18 Mei 2020.

Nuryana, Agus Nana. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Kabar Priangan, 2020. https://kabarpriangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychologi and Counseling, 2(1), 1–12.

Wahyono, Poncojari, Husamah, H., dan Budi, Anton Setia. 2020. Guru Profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1 (No 1), 51-65. doi: https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Mendikbud. 2019. SE No.14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta, 10 Desember 2019.

Kemendikbud. 2016. Petunjuk Teknis Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Tatap Muka. Jakarta: Dirjen GTK.

Downloads

Published

2023-08-30

Most read articles by the same author(s)