Pemberdayaan Kelompok Darwis yang Terdampak Covid-19 Melalui Digital Marketing di Desa Siangan
DOI:
https://doi.org/10.22334/jam.v2i2.27Keywords:
Kelompok Darwis, Budaya Lokal, Digital MarketingAbstract
Keadaan Indonesia khususnya di Bali saat ini sedang mengalami kesulitan karena pandemi Covid-19, dimana banyak kegiatan atau tempat wisata yang sangat terdampak pada banyak sektor kehidupan masyarakat seperti kesehatan, sosial, pendidikan, ekonomi dan pariwisata. Situasi pariwisata yang semula mengalami pertumbuhan positif, saat ini semakin melemah seiring dengan pandemi yang tidak kunjung usai. Tujuan dalam kegiatan PkM ini yaitu 1) membantu pemerintah dalam program melestarikan dan mengembangkan potensi desa wisata; 2) memberikan kesempatan kepada tim pengabdi untuk mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuannya dalam bentuk kegiatan PkM sebagai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi melalui penyuluhan; dan 3) membantu pengelolaan pembentukan rintisan desa wisata pada Desa Siangan, Gianyar khususnya melalui digital marketing. Subjek yang terlibat dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah kelompok sadar wisata yang terdampak pandemi Covid-19 yang berlokasi di Desa Siangan, Gianyar. Metode pelaksanaan kegiatan ini dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan digital marketing bagi kelompok sadar wisata untuk memperkenalkan wisata alam dan wisata budaya yang ada di desa dalam upaya melestarikan dan mengembangkan budaya lokal sehingga dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini memberikan pengetahuan dan menyadarkan masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan lokasi wisata agar masyarakat memahami perannya dalam memajukan desa. Kelompok sadar wisata desa siangan sebagai pelopor dalam pengembangan rintisan desa wisata harus segera bergerak dan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk menjalankan program – program yang mendukung pengembangan wisata alam dan wisata budaya yang ada di Desa Siangan, Gianyar.
References
Abidin, J., Fedrina, R., & Agustin, R. (2022). Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital Marketing di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36276/jap.v3i1.292.
Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21.
Arafa, F. N., & Nurwati, N. (2020). Pengaruh Covid 19 Terhadap Mortalitas Dan Ketenagakerjaan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 2(2), 12–32. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/humanitas/article/view/2823/1388.
Arini, I. A. D., Paramita, I. B. G., & Triana, K. A. (2020). Ekspektasi, Realisasi Dan Negosiasi Tourism Reborn Di Masa Pandemi Dalam Pariwisata Bali. Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.55115/cultoure.v1i2.825.
Ariyanti, L. F. (2020). Strategi Orang Tua Millenial Dalam Menanamkan Kesadaran Menjalankan Shalat Lima Waktu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 80–91. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/561/466.
Asmoro, B. T., & Da’awi, M. M. (2020). Revitalisasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang Dalam Pengelolaan Obyek Wisata Coban Pandawa. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 373–379. https://doi.org/10.21067/jpm.v5i1.3411.
Faiza, A., & Firda, S. J. (2018). Arus metamorfosa milenial. Penerbit Ernest.
Hadi, W., & Widyaningsih, H. (2020). Implementasi Penerapan Sapta Pesona Wisata Terhadap Kunjungan Wisatawan Di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(2), 127–136. https://doi.org/10.31294/khi.v11i2.8862.
Hakim, N., Hayati, S., Lumbu, A. A., Rahmawati, N. I., & Septiyana, L. (2019). Pemberdayaan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam mengembangkan ekowisata desa gunung rejo kecamatan way ratai. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 235–254. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1760.
Harjadi, D., Praramdana, G. K., Komarudin, M. N., & Manalu, V. G. (2021). Pemberdayaan dalam Pengelolaan Digital Marketing untuk Mewujudkan Desa Wisata Budaya di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 42–53.
Hasanah, H., Mashar, M. A., & Darmaji, F. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Menggunakan Website dan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Produk (Remaja Muslim Kelurahan Wuryorejo Kabupaten Wonogiri). DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2). http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/article/view/155/132.
Heliany, I. (2019). Wonderful digital tourism Indonesia dan peran revolusi industri dalam menghadapi era ekonomi digital 5.0. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.551.
Keliwar, S., & Nurcahyo, A. (2015). Motivasi dan persepsi pengunjung terhadap obyek wisata desa budaya pampang di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 12(2).
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844.
Nugroho, F. P., Abdullah, R. W., Wulandari, S., & Hanafi, H. (2019). Keamanan Big Data di Era Digital di Indonesia. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.46808/informa.v5i1.65.
Nusantara, B. M., Gunawan, A., & Wijaya, D. A. (2015). Strategi Pemasaran Kampung Wisata Baluwarti Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 11(1), 1–19. http://jurnal.stpsahidsurakarta.ac.id/index.php/JPI/article/view/195/159.
Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur-Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250–258. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425.
Prayogi, P. A., Suthanaya, I. P. B., & Sari, N. L. K. J. P. (2022). Pengelolaan Desa Wisata Pengelipuran Dengan Konsep Green Economy Berbasis Masyarakat Lokal Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Applied Management and Accounting Science, 3(2), 117–127. https://doi.org/10.51713/jamas.v3i2.56.
Purwahita, A. R. M., Wardhana, P. B. W., Ardiasa, I. K., & Winia, I. M. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(2), 68–80. https://doi.org/10.53356/diparojs.v1i2.29.
Purwanti, I. (2019). Strategi kelompok sadar wisata dalam penguatan desa wisata. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(3), 101–107. https://doi.org/10.33366/jisip.v8i3.1792.
Rani, F. P., Kusuma, H. E., & Ardhyanto, A. (2018). Pariwisata pusaka: destinasi dan motivasi wisata di pusaka saujana Imogiri Yogyakarta. Jurnal Planologi, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.30659/jpsa.v15i2.3524.
Ridwan, T., Nursandi, D., Lestari, E. W., Sultony, F., Fajar, I., Agusetiawati, I., & Syifa, S. (2021). Potensi UMKM dalam Penguatan BUMDES Desa Cempaka dengan Pendekatan ABCD di Era Pandemi COVID-19. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(4), 150–158. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i4.
Rony, N. F., & Panuju, R. (2018). Digital Media Hospital: Aplikasi Komunikasi Pemasaran Berbasiskan Daring. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(2). https://doi.org/10.25139/jkp.v2i2.1375.
Rustiana, A., Farliana, N., & Mustofa, U. (2018). Pengembangan Green Ticketing Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dan Pelestarian Ekosistem Wisata Pulau Tiban. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(3), 825–835. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i3.11748.
Sjafirah, N. A., Fadilah, E., & Basith, A. A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi pariwisata dan Potensi Kearifan Lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 990–991. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20391/9783.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R D. CV Alfabeta.
Suhri, I., & Manvi, K. I. (2022). Tinjauan Tentang Sapta Pesona Di Daya Tarik Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2276–2288. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2926.
Urva, G., Pratiwi, M., & Syarief, A. O. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v3i2.86.
Wispandono, R. M., SE, M., Nurul Imamah, S. E., & Yulistiyono, H. (2022). Penguatan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Berbasis Pemecahan Masalah. Deepublish.
Wistalia, A. (2021). Partisipasi Kelompok Sadar Wisata Dalam Pengembangan Wisata Pantai Nyiur Melambai Manggar Belitung Timur. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 10(5). https://doi.org/10.21831/pls.v10i5.17919.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ida Ayu Trisna Yudi Asri, I Gusti Agung Ayu Mas Suariedewi, Kadek Agus Mahabojana Dwi Prayoga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)