Restorasi Produk Uma Kawan: Produk Wisata Berbasis Masyarakat di Desa Baturiti Tabanan
DOI:
https://doi.org/10.22334/jam.v2i2.23Keywords:
restorasi, uma kawan, wisata berbasis masyarakatAbstract
Uma Kawan merupakan salah satu wisata perdesaan berbasis masyrakat yang berlokasi di desa Baturiti Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan Bali. Produk wisata yang ditawarkan adalah swing, cycling, tracking, dan kuliner tradisional khas perdesaan oleh warga Baturiti. Pandemi Covid 19 mengakibatkan kegiatan Uma Kawan mati suri yang berakibat tidak berfungsinya fasilitas seperti swing, perlengkapan penyajian kuliner, serta sarana toilet. Dari sisi sumber daya manusia (SDM), tingkat keterampilan dan motivasi menurun drastis dan Uma Kawan tidak memiliki media untuk mengkomunikasikan produk-produknya secara elektronik. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh Uma Kawan dengan meningkatkan kemampuan teknis SDM di bidang pelayanan (service). Pelatihan teknis basic table set-up, penyiapan minuman sehat tanpa alkohol, penyiapan minuman kopi, pengadaan sign board, dan mengelola web adalah solusi yang ditawarkan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Uma Kawan Desa Baturiti Tabanan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan secara langsung melalui demonstrasi dan praktik. Peserta pelatihan dalam PKM ini adalah 10 orang masyarakat desa yang dipilih secara purposive ikut sebagai pengelola produk wisata Uma Kawan. Dengan pelatihan ini diharapkan Uma Kawan memiliki standar mutu layanan serta produk yang ditawarkan sesuai dengan segmen pasarnya yaitu individu yang mencari kesehatan (health seeking) melalui kegiatan cycling dan tracking di lingkungan alam pedesaan. Hasil dari pelatihan ini bahwa peserta telah menguasai dengan baik materi yang diberikan serta siap untuk diterapkan saat Uma Kawan beroperasi kembali.
References
Afifa, T. Y., & Kinseng, R. A. (2020). Analisis Tingkat Partisipasi dengan Tingkat Kesejahteraan Kelompok Sadar Wisata Pada Pengelolaan Pariwisata Dieng. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(5), 624–634. https://doi.org/10.29244/jskpm.v4i5.629.
Airlangga, P., Harianto, H., & Hammami, A. (2020). Pembuatan dan Pelatihan Pengoperasian Website Desa Agrowisata Gondangmanis. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–12. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1046.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769.
Bawono, I. R. (2019). Optimalisasi potensi desa di Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.22146/jnp.52178.
Cahyadi, H. S., & Newsome, D. (2021). The post COVID-19 tourism dilemma for geoparks in Indonesia. International Journal of Geoheritage and Parks, 9(2), 199–211. https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2021.02.003.
Chikmawati, Z. (2019). Peran BUMDes dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penguatan sumber daya manusia. Jurnal Istiqro, 5(1), 101–113. https://doi.org/10.30739/istiqro.v5i1.345.
Daryono, B. S., & Maryanto, S. D. (2018). Keanekaragaman dan Potensi Sumber Daya Genetik Melon. UGM PRESS.
Febriana, N., & Meirinawati, M. (2021). Manajemen Strategi Pegelolaan Desa Agrowisata oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Watesari Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Publika, 9(3), 29–42. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p29-42.
HawikErvina, I., Sumastuti, E., & Prabowo, H. (2022). Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Dalam Pengembangan Desa Wisata Tajuk Sebagai Kawasan Ekowisata. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2541–2546. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1589.
Ilham, M., & Waryono, W. (2020). Penerapan Standard Operating Procedure Makanan dan Minuman Oleh Pramusaji di Restoran Dara Hotel New D’Dhave Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.2472.
Kurnia, H., Sriyogani, I. A., & Nuryati, N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Food And Beverage Departemen di Restoran Hotel New Saphir Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(5), 4127–4137. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1473.
Lineri, G. G. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Knowledge Karyawan di Artotel Sanur Bali. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.23872.
Melinda, S. (2017). Efektivitas Billboard dan Signboard sebagai Media Promosi Suroboyo Carnival Park. Jurnal E-Komunikasi, 5(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6158/5655.
Murodah, M., Charolina, O., & Marisidi, M. (2022). Implikasi Pengembangan Potensi Desa Wisata Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Lagan Bungin Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Bengkulu Tengah Di Era Pandemi Covid-19. Journal Of Science And Social Research, 5(2), 398–408. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i2.943.
Muspita, R., Efrina, E., Fernandes, R., Putera, A. S., & Mahdi, A. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa Dengan Penerapan Teknik Manual Brewing dalam Penyeduhan Kopi. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.24036/abdi.v1i2.31.
MZ, S. P. H. S., Latipah, A. J., & Marzuki, M. (2021). Peenerapan Teknologi Informasi Dalamm E-Tourism Danau Buyan Berbasis Kearifan Lokal (E-Tourism Buyan, Bali Bangkit, Bali Kembali). TEKNIMEDIA: Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v2i1.36.
Noviantoro, K. M. (2022). Dampak Bromo Effect Terhadap Perekonomian Masyarakat Sukapura Saat Pandemi Covid-19. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(3), 308–320. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i3.2241.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878.
Putri, E. R. W. E., Kurniawati, E., & Apriadi, D. W. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Aktivitas Sosial-Ekonomi Masyarakat Kawasan Wisata Songgoriti. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 6(2), 148–164. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/article/download/10842/pdf.
Readi, A. F., Christina, J., Rahmanita, M., & Asmaniati, F. (2021). Studi Eksplorasi Potensi Pariwisata Kreatif Kawasan Hutan Mangrove Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 151–158. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11251.
Ridzal, N. A., & Hasan, W. A. (2019). Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Potensi Lokal Dengan Meningkatkan Jiwa Wirausaha Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Kelurahan Masiri Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 3(2), 26–35. https://doi.org/10.35326/pkm.v3i2.447.
Roels, N. M. S. P. D., & Utami, N. R. (2021). Pengembangan Potensi Wisata Berbasis Pariwisata Pedesaan di Desa Adat Bugbug Kabupaten Karangasem Bali. Media Wisata, 19(2), 245–255. https://doi.org/10.36276/mws.v19i2.143.
Rostiyati, A. (2013). Potensi Wisata di Lampung dan Pengembangannya. Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 5(1), 144–158. https://doi.org/10.30959/patanjala.v5i1.185.
Saputra, K. (2017). Perancangan sistem informasi pariwisata berbasis website sebagai media promosi di singkawang-kalimantan barat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.37673/jebi.v2i1.48.
Sibagariang, S., Rokhayati, Y., Dzikri, A., Handayani, S., Santiputri, M., Riyadi, A., & Nizan, M. S. (2021). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi Wisata Pulau Mubut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AbdiMas), 3(2), 133–145. https://doi.org/10.30871/abdimas%20polibatam.v3i2.3694.
Silalahi, T. S., & Claretta, D. (2022). Solidaritas Komunitas Barisan Manual Brew (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunitas Barisan Manual Brew). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2741–2748. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.726.
Simanjuntak, M., Setiawan, A., Nasrullah, N., Abdillah, L. A., Mistriani, N., Simarmata, J., & Yendrianof, D. (2021). Pemasaran Digital Pariwisata Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
Suwarno, E., Yanti, R. N., & Supeno, B. (2022). Pendampingan Penyusunan Organisasi dan Kelembagaan Pengelola Obyek Wisata Alam Pulau Semut. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 725–735. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/download/8290/4072.
Tyas, N. W., & Damayanti, M. (2018). Potensi Pengembangan Desa Kliwonan sebagai Desa Wisata Batik di Kabupaten Sragen. Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah Dan Perdesaan), 2(1), 74–89. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2018.2.1.74-89.
Wulandari, Y. S., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Promosi Melalui Twitter Pada Perusahaan Pariwisata Bahari “Ibu Penyu.” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(2), 195–208. https://doi.org/10.29244/jskpm.1.2.195-208.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Komang Trisna Pratiwi Arcana, Ida Bagus Gde Pranatayana, Ida Bagus Made Wiyasha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)