Hubungi Kami

INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL
Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Phone: +62 361 - 426699
Fax: +62 361 - 426700
Email: info@jam.ipb-intl.ac.id

* Maaf tidak menyediakan form email karena alasan keamanan spam

Pelatihan videografi promosi sederhana untuk pemula

Authors

  • Komang Trisna Pratiwi Arcana Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Komang Ratih Tunjungsari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Ketut Muliadiasa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/jam.v1i2.13

Keywords:

videografi, promosi, pemula

Abstract

Desa Kuta merupakan salah satu desa yang saat ini terdampak pandemi karena salah satu destinasi wisata di Bali. Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional merupakan kampus pariwisata dan perhotelan yang wajib melaksanakan tridarma perguruan tinggi, terdiri dari pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat. Kondisi perekonomian saat ini sangat berdampak kepada masyarakat di sekitar Kuta yang mata pencahariannya sebagian besar di bidang pariwisata. Kondisi pandemi seperti ini dapat dimanfaatkan untuk menambah keterampilan diri dalam berbagai hal positif, salah satunya adalah membuat video promosi, Video promosi dapat digunakan secara berkelanjutan untuk promosi dan menarik pelanggan baru ataupun mengingatkan pelanggan lama untuk dating kembali ke suatu bisnis. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis exploratorI. Adapun strategi yang digunakan adalah mensinergikan kemampuan mahasiswa, dosen kampus IPB Internasional serta dosen kampus dari Institut Seni Indonesia Denpasar dan dosen dari STIKI Indonesia untuk memberikan pelatihan video promosi sederhana untuk pemula. Harapannya dengan dilakukannya kegiatan ini, masyarakat lokal menjadi lebih terampil dan dapat memanfaatkan keterampilannya tersebut untuk menambah penghasilan di masa pandemi ini.

References

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010).

Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.

Ghufron, N.A (2019). Perancangan Kontan Akun Bisnis Instagram Berbasis Fotografi : Studi Kasus Toko Kue Ayu. Jurnal Paper UISI.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)