Pelatihan cooking class sebagai objek wisata minat khusus di desa jehem, kabupaten bangli
DOI:
https://doi.org/10.22334/jam.v1i2.11Keywords:
pengabdian, rangkaian bunga, janur, Korean bouquet wrappingAbstract
Selain objek wisata alam yang dimiliki, Desa Jehem juga memiliki keunikan hayati khas desa tersebut yaitu biu batu. Biu batu merupakan salah satu jenis pisang yang memiliki banyak biji di daging buahnya. Pengembangan wisata minat khusus di Desa Jehem perlu dianalisis mengenai keberlanjutan dari kegiatan wisata tersebut. Tujuan penulisan ini untuk dapat mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang, dan tantangan bagi pengembangan Desa Jehem. Manfaat dari tulisan ini diharapkan agar dapat mengetahui strategi pengembangannya dalam persaingan industri pawisisata di Bali. Dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Melalui analisis SWOT yang sudah dibahas sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa membuat manajemen promosi di social media khususnya pembuatan website yang lebih informative.
References
Asdhiana, I Made. 2017. Bali Genjot 100 Desa Wisata Tahun Ini. [https://travel.kompas.com/read/2017/02/21/091700927/bali.genjot.100.desa.wisata.tahun.ini] Diakses pada 6 Juli 2018.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2019. Jumlah Wisatawan Asing ke Indonesia dan Bali, 1969-2018. www.bali.bps.go.id diakses 05 November 2019.
Baiquni. M. 2004. Manajemen Strategis. Buku Ajar Pusat Studi Kajian Pariwisata Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada.
Darmawi, Herman. 2010. Manajemen Risiko. Jakarta: Bumi Aksara
Eka. Siskawati. 2018. Exploratory Analysis Vs Explanatory Analysis Dalam Penelitian Kualitatif. www.ekasiskawati.com diakses 07 November 2019
Garrod, Brian. 2001. Local Participation in the planning and Management of Ecotourism: A Revised Model Approach Bristol. England: University of the West England.
Hidayat. Marceilla. 2011. Strategi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal. Bandung.
Jayanti. Dewi. 2011. Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Hotel Cherry Pink KH.Wahid Hasyim Meda. Skripsi Universitas Sumatera Udara.
Jazuli. Syauqi. 2016. Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada BMT EL-SYIFA Cianjur. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Kementrian Pawirisata Republik Indonesia. 2012. Wisata Minat Khusu Memiliki Potensi Untuk Tingkatkan Jumlah Wisatawan. www. Kemenpar.go.id diakses 05 November 2019.
Kotler. Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia. 2018. Petunjuk Operasional Pengelolaa Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pariwisata. www.dpjk.kemenkeu.go.id diakses 05 November 2019.
Pitana. I. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Pratiwi. Ni Komang Onik. 2017. Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata Di Objek Wisata Goa Gajah Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Singaraja
Rangkuti. Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Ritchie. J.R.Brent dan Geoffrey Ian Crouch. 2003. The Competitive Destination: A Sustainable Tourism Perspective.
Sharpley. Richard. 2000. Tourism and Sustainable Development:Exploring the Theoretical Divide. Journal od Sustainable Tourism.
Sudana. I Putu. 2013. Strategi Pengembangan Desa Wisata Ekologis di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan.
Sugiarti. Rara. 2013. Pengembangan Kawasan Minapolitan Sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus di Kabupaten Pacitan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 A.A.Ayu Suwi Arianty, Komang Trisna Pratiwi Arcana, Komang Ratih Tunjungsari, Made Trisna Semara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)